Minggu, 28 September 2014

Jaringan Komputer dan Manfaatnya

1. Pengertian Jaringan Komputer
 Di sebuah sekolah terdapat 3 komputer, yaitu A, B, dan C. Komputer A tersambung pada alat pencetak (printer). Komputer C tersambung dengan internet melalui sebuah modem. Pada suatu saat, kamu bekerja dengan komputer B. Ketika hendak mencetak, kamu harus memindahkan data kek komputer A. Di saat yang lain, teman kamu yang menggunakan komputer A membutuhkan akses internet. Maka dia harus berpindah ke komputer C. Jika data yang akan diunggah ke internet tersimpan di komputer B, maka dia harus mengambilnya terlebih dahulu menggunakan disket atau flashdisk. Ini semua terjadi karena komputer A, B, dan C masing-masing merupakan komputer yang berdiri sendiri. Menjadi repot, bukan?
         Jaringan komputer membantu mengatasi hal ini. Komputer A, B, C, printer, dan modem dihubungkan dalam sebuah jaringan komputer. Kini kamu bisa menggunakan alat pencetak dari komputer manapun. Kamu juga bisa mengakses internet dari semua komputer. Tukar menukar data kini menjadi hal yang mudah. Komputer A bisa mengambil/menyimpan data di Komputer B dan C, dan demikian pula sebaliknya. Bila perlu, semua data disimpan dalam komputer khusus yang disebut server.
         Dari penggambaran di atas, kamu dapat mengetahui bahwa jaringan komputer terdiri atas kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Penghubungnya bisa melalui kabel-kabel atau dengan teknologi tanpa kabel. Melalui jaringan, setiap pengguna dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakan perangkat keras/perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. setiap komputer, printer, atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, atau ribuan, node.

222. Manfaat Jaringan Komputer
Onno W. Purbo, seorang pakar teknologi informasi, menyatakan bahwa secara umum jaringan komputer memiliki beberapa manfaat dan keunggulan dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Secara umum, manffat komputer dibuat jaringan adalah sebagai berikut.
a.      Berbagi Sumber Daya
         Melalui jaringan komputer, seluruh program dan peralatan dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang terhubung dalam jaringan. Contohnya adalah berbagi pemakaian printer, perangkat penyimpanan, pemindai, dan koneksi internet. Hal ini akan menghemat biaya dan membantu mengatasi masalah jaral/lokasi. Misalnya, seorang pegawai kantor cabang yang berada pada jarak 100 km dari kantor pusat, ia tetap bisa mengambil atau memodifikasi data di kantor pusat tanpa harus pergi ke sana.
b.      Media Komunikasi
         Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antar pengguna. Contohnya berupa pesan singkat dalam bentuk teks (chatting), chatting yang dilengkapi video (video chatting), atau berupa konferensi jarak jauh (teleconference). Komunikasi bisa dilakukan dengan cepat. Misalnya untuk memberikan pengumuman, seorang guru cukup mengirimnya dari sebuah komputer. Pada saat yang sama, setiap komputer yang ada di hadapan siswa akan menampilkan pesan tersebut.
c.       Integrasi Data
dalam jaringan komputer, data dapat diakses oleh banyak pengguna. pemrosesan data tidak harus dilakukan pada satu komputer. hal ini memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat. dengan demikian akan memudahkan terintegrasinya data dengan baik. data atau informasi yang diakses juga bertsifat terbaru (up to date). setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh semua pemakai.
d.      Keamanan Data
         Jaringan komputer memudahkan proses menyalin file data. Data penting bisa disimpan dalam beberapa komputer sekaligus. Sehingga apabila ada kerusakan data di salah satu komputer, pekerjaan tidak akan terganggu sebab salinan data di komputer lain masih dapat di gunakan.
e.      Pengembangan dan Pemeliharaan
         Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya. Misalnya sebuah perusahaan merencana untuk mengganti printer. Maka cukup membeli satu buah karena dapat digunakan secara bersama-sama. Jaringan yang memilikiserver akan memudahkan dalam pemeliharaan data. Misalnya untuk memberikan perlindungan dari serangan virus, petugas cukup memusatkan perhatian pada media penyimpanan data di komputer pusat (server).

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus